Kit Hand Made Berbahan Limbah

Kontributor : Yohanes Eko Nugroho, S.Pd

Para guru IPA ketika mengajar biasanya hanya menampilkan media pembelajaran atau KIT IPA yang tersedia di laboratorium. Ditinjau dari kemajuan infrastruktur sekolah, hal ini mengindikasikan bahwa ketersediaan KIT IPA semakin lengkap di setiap sekolah. Lantas, bagaimana apabila KIT IPA tidak tersedia di laboratorium ? Padahal, sebuah konsep yang abstrak tidak cukup dibelajarkan hanya dengan medote ceramah? Alternatif solusinya, adalah KIT Hand Made (KIT buatan tangan/buatan sendiri). Terlepas dari kondisi kelengkapan fasilitas laboratorium IPA, pendidikan hendaknya dapat terus diselenggarakan tanpa harus menunggu lengkapnya fasilitas. “Oleh karena itu untuk menjaga kelangsungan pendidikan IPA melalui praktikum/eksperimen, perlu dikembangkan alternatif alat peraga-praktik IPA yaitu alat peraga-pratik sederhana (buatan sendiri) agar pembelajaran IPA dapat berjalan secara optimal. Hal tersebut penting bagi guru/sekolah dengan alasan sebagai berikut; Pertama, alat peraga-pratik IPA sederhana sebagai upaya melengkapi peralatan yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Para guru dapat memberdayakan berbagai sumber daya yang ada di sekitar sekolah dan tempat tinggal peserta didik untuk pengembangan alat peraga praktik IPA sederhana. Kedua, alat peraga-pratik IPA sederhana ini dapat dijadikan sebagai alternatif peralatan laboratorium; meningkatkan kreativitas guru dan peserta didik; sebagai upaya meragamkan sumber belajar peserta didik; agar peserta didik dapat membangun pengetahuan dan keterampilan serta sikap yang sesuai dengan kompetensi yang disarankan dalam kurikulum.” (Kemdikbud:2011). Permasalahan limbah sudah menjadi masalah global yang pelik, sehingga perlu adanya inisiatif untuk mengatasinya. Salah satunya, memanfaatkan limbah menjadi bahan pembuatan KIT IPA. Limbah adalah buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses atau kegiatan dari industri maupun domestik (rumah tangga). Apabila para siswa terbiasa dengan peralatan standar KIT IPA yang tersedia di laboratorium, mental konseptual secara perlahan akan terbentuk dan mematikan cara berpikir kreatif. Dengan kata lain, akan tertanam dalam alam pikiran siswa, jika tidak tersedia peralatan standar KIT IPA maka eksperimen IPA tidak dapat berlangsung. Idealnya, disamping menggunakan KIT IPA standar laboratorium, guru semestinya juga mengajak para siswa untuk berpikir kreatif, dengan memancing mereka dengan pertanyaan-pertanyaan, antara lain; sambil menunjukkan salah satu KIT IPA, guru melontarkan pertanyaan, “Mungkinkah alat ini dapat kita buat sendiri dari limbah yang ada di sekitar kita?” Apakah kalian mempunyai ide agar alat ini menjadi lebih sempurna?” Misalnya, untuk materi cara kerja lensa mata memfokuskan bayangan di retina. Biasanya, guru hanya menampilkan torso dan gambar mata, sedangkan proses menebal dan memipihnya lensa mata hanya disampaikan secara verbal. Hanya sampai disitukah penjelasan guru tentang cara kerja lensa mata? Mengacu pada strategi pembelajaran berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning), sebaiknya guru mencoba menggali ide-ide dari para siswa. Diawali diskusi klasikal antara guru dengan siswa, kemudian bersama-sama mencoba merancang alat praktik lensa mata yang dapat dikondisikan menebal dan memipih. Bahan-bahannya diambil dari barang-barang yang sudah tidak terpakai/sisa/sampah, misalnya paralon sisa, balon karet, alat suntik tinta printer, sedotan aqua gelas, kotak kardus, dan lain-lain. Disamping menanamkan kreativitas, akan tumbuh arti penting mengelola limbah berbasis Reuse-Reduce-Recycle (3R). Efek jangka panjang, mental kreatif yang tertanam dalam diri para siswa akan menjadi sense of lifeskill yang akan menjadi fondasi kehidupannya kelak melalui kreativitas vokasional, pembelajaran yang berkualitas, serta merangsang ide dalam pemanfaatan limbah.

Topik Turunan

KONSEP DASAR ANIMASI 3D

02:49 KONSEP DASAR ANIMASI 3D

Pesawat KFX/IFX ( Indonesia Fighter Experiment)

05:09 Pesawat KFX/IFX ( Indonesia Fighter Experiment)

MACAM - MACAM TYPE OF SHOT

00:58 MACAM - MACAM TYPE OF SHOT

KRU Film

01:50 KRU Film

BELAJAR TATA SURYA MELALUI GAME ANDROID

05:28 BELAJAR TATA SURYA MELALUI GAME ANDROID

MENGINSTAL WINDOWS 7

04:06 MENGINSTAL WINDOWS 7

Mesin Pencari (Search Engine)

05:53 Mesin Pencari (Search Engine)

Mesin Turboprop

02:43 Mesin Turboprop

Alat Bantu Pencahayaan dalam Fotografi

04:59 Alat Bantu Pencahayaan dalam Fotografi

kendaraan bermotor

00:24 kendaraan bermotor

0 Komentar

Masuk dulu sebelum memberi komentar
02:49 KONSEP DASAR ANIMASI 3D
KONSEP DASAR ANIMASI 3D Teknologi 89.284 1 Tahun Lalu
5 0 0
05:09 Pesawat KFX/IFX ( Indonesia Fighter Experiment)
Pesawat KFX/IFX ( Indonesia Fighter Experiment) Teknologi 77.296 1 Tahun Lalu
235 0 0
00:58 MACAM - MACAM TYPE OF SHOT
MACAM - MACAM TYPE OF SHOT Teknologi 91.948 1 Tahun Lalu
12 0 0
01:50 KRU Film
KRU Film Teknologi 87.952 10 Bulan Lalu
2 0 0
05:28 BELAJAR TATA SURYA MELALUI GAME ANDROID
BELAJAR TATA SURYA MELALUI GAME ANDROID Teknologi 89.284 10 Bulan Lalu
16 1 4
04:06 MENGINSTAL WINDOWS 7
MENGINSTAL WINDOWS 7 Teknologi 57.308 1 Tahun Lalu
5 0 0
05:53 Mesin Pencari (Search Engine)
Mesin Pencari (Search Engine) Teknologi 81.292 10 Bulan Lalu
1463 18 22469
02:43 Mesin Turboprop
Mesin Turboprop Teknologi 100 9 Bulan Lalu
10 0 0
04:59 Alat Bantu Pencahayaan dalam Fotografi
Alat Bantu Pencahayaan dalam Fotografi Teknologi 98.608 10 Bulan Lalu
302 3 52
00:24 kendaraan bermotor
kendaraan bermotor Teknologi 66 1 Tahun Lalu
59 0 0